-->

Latest Post

Photo Istimewa 

MPA - Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar uji publik tahap kedua rancangan Peraturan Komisi Informasi (Perki) tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) secara virtual via zoom meeting, Kamis (26/06/2020).

Sekretaris KI Pusat, MH Munzaer dalam laporannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi peserta yang sangat besar.

“Meskipun dimasa pandemi covid-19 namun tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, pembuatan Perki SLIP merupakan jembatan pemerintah (negara) terhadap publik (masyarakat) dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik, untuk itu perlu masukan konstruktif dari seluruh BP.

Saat diskusi uji publik berlangsung, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Lubis mengusulkan adanya batasan mengenai jumlah informasi yang diminta oleh pengguna informasi agar sesuai dengan kebutuhan.

“Tujuannya agar tidak memperberat tugas PPID Badan Publik,” sebutnya.

Sementara PPID Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharapkan perlunya norma yang memposisikan peminta informasi dan pemohon sengketa informasi agar tidak melampaui wewenang pejabat pengawas pada Inspektorat dalam meminta informasi ke PPID. 

Diskusi publik diselenggarakan dengan melibatkan sejumlah PPID Badan Publik dari seluruh Indonesia. 

Uji publik yang dilaksanakan KI Pusat bersama Plan C melalui zoom meeting pada Kamis (25/06/2020) dibuka oleh Wakil Ketua KI Pusat Hendra J Kede dan ditutup Ketua KI Pusat Gede Narayana.

Narasumber diskusi adalah Ketua Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi (ASE) KI Pusat Wafa Patria Umma dan ditanggapi tiga penanggap, masing-masing Widarno (PPID ANRI), Dian Rosdiana (PPID BPK), dan Suharti (PPID LKPP).

Sebagaimana diketahui, uji publik pertama telah digelar pada 11 Juni 2020 yang melibatkan KI Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Pada uji publik kedua ini melibatkan PPID Kementerian, yaitu Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN/RB, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sumber: Rilis Komisi Informasi Pusat

Photo Istimewa 

MPA, PADANG - Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH bersama Forkopimda Sumatera Barat melaunching Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang yang berada di Kota Padang, Kamis (25/6) siang.

Lokasi Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang tersebut, berada di Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas RT. 04 RW. 15 Kel Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur Kota Padang.

Diketahui, Nagari Tageh Rumah Gadang merupakan Pilot Project penerapan "New Normal" life. Dimana, konsepnya adalah untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di Kota Padang.

Untuk di Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang di Kel. Kubu Dalam Parak Karakah, fasilitas yang ada diantaranya Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) dan Posko Kongsi Covid (Tangguh Kesehatan), yang terletak di Rumah Tahfi Ahlul Quran tempat belajar Al - Quran. Untuk Posko Kongsi Covid, juga disediakan ruang isolasi mandiri untuk warga setempat.

Selanjutnya, Posko Kongsi Tertib (Tangguh Keamanan) yang berada di Pos Siskamling, dan Posko Kongsi Bangkit (Tangguh Sosial Ekonomi) yang terletak UMKM Tiga Saudara.

Awalnya, Kapolda beserta rombongan  menyaksikan penayangan dokumenter tentang Kawasan Nagari Tageh Rumah Gadang di Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas. Kemudian peninjauan bersama ke tiap-tiap Posko yang telah dibentuk.

Kapolda sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dalam kunjunganya tersebut mengungkapkan, pembentukan Nagari Tageh Rumah Gadang merupakan sama halnya dengan "Kampung Tangguh Nusantara" yang mendasar dari instruksi Presiden RI, yang terus dijabarkan oleh bapak Kapolri seluruh jajaran Kepolisian bersama-sama dengan TNI dan Forkopimda.

"Semua prinsipnya adalah menjawab isu yang berkait dengan Covid-19. Ada aspek keamanan disini, ada aspek medisnya, aspek sosialnya dan aspek yang lainnya untuk menjawab isu Covid-19 yang menghadapi masyarakat. Inilah yang juga menjadi role model buat tempat tempat yang lain," ucap Kapolda Sumbar.

Dikatakan, beberapa tempat juga sudah ada dan diketahui semuanya. Untuk Sumatera Barat yang disiapkan, saat ini ada 36 seperti ini. "Pada intinya, ini bisa jadi instruksi pada tempat tempat lain," ujarnya.

Irjen Pol Toni Harmanto juga menerangkan, bagaimana pihaknya bersama stakeholder lainnya untuk mengajak masyarakat dalam menghadapi new normal ditengah pandemi Covid-19.

"Karna memang prosesnya tidak dalam waktu satu atau dua hari, tapi itu sudah lama dan ada community policing kita yang terus berjalan bersama Bhabinkamtibmas, Bhabinsa,  dan rekan-rekan Muspida yang terlibat," pungkasnya.

Terlihat, dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Forkopimda Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, S.Ik, Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah, Forkopimda Kota Padang, Kapolsek sejajaran Polresta Padang, Lurah se Kecamatan Padang Timur dan masyarakat setempat.(*)

Sumber : Bidhumas Polda Sumbar

Photo Istimewa 

MPA, PADANG -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatra Barat, H. Hendri, melantik 29 pejabat eselon IV di lingkungan Kanwil Kemenag yang saat ini ia pimpin, Kamis (25/6). Pelantikan ini menindaklanjuti PMA 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.

Kakanwil mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik dan terimakasih kepada pelaksana tugas (Plt) yang telah bekerja maksimal mendampingi pimpinan dalam menyelesaikan program Kanwil Kemenag.

“Mutasi, promosi dan demosi itu adalah pakaian ASN. Tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Ini sebagai bentuk penghargaan kepada ASN yang telah bekerja keras selama ini,” ungkap Kakanwil di hadapan Ketua Dharmawanita, Kabag TU, Kabid dan Pembimas di Lingkungan Kanwil.

Dikatakan Kakanwil, ada beberapa tujuan mutasi promosi dan demosi itu sendiri, pertama konsolidasi organisasi. “Dengan pelantikan ini kita mensolidkan kembali organisasi kita. Lembaga Kanwil Kemenag sangat dinamis, pejabat Kanwil menjadi rujukan Kemenag 19 kabupaten kota,” ujar Kakanwil.

Kedua, tindak lanjut evaluasi kinerja. Hasil evaluasi menentukan posisi jabatan pejabat yang baru dilantik hari ini. Ketiga, penyegaran. Mungkin sebagian pejabat sudah ada yang jenuh dengan jabatan yang diemban selama ini.

Keempat lanjut Hendri, penempatan SDM sesuai kompetensi. Pejabat yang dilantik hari ini dianggap cakap dan mampu menjalankan tugas. “Ini menjadi dasar bagi bapak dan ibu untuk bekerja maksimal. Menempatkan orang pada tempat yang tepat, tolong buktikan bapak bisa bekerja maksimal,” pesan Kakanwil.


Kelima, upaya peningkatan kinerja. "Tukin kita masih dibayarkan berdasarkan kehadiran. Saya minta ke depan tukin dibayarkan berdasarkan kinerja. Mudah-mudahan dengan mutasi ini kinerja kita semakin bagus, optimal dan maksimal,” harap mantan Kakan Kemenag Agam ini. Keenam, mengubah status sosial dan kesejahteraan, imbuh Kakanwil.

Adapun pejabat yang dilantik untuk Bagian Tata Usaha (TU), Tan Gusli, Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi Bagian, Susi Primayeni Kasubbag Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN), promosi dari JFU di Subbag Umum. Kemudian H. Jarmil, Kasubbag Kepegawaian dan Hukum, Hj. Irda Hayati, Kasubbag Ortala dan Kerukunan Umat Beragama dan Eri Gusnedi, Kasubbag Umum dan Humas.

Pada Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Afrizal Kasi Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan, Firdaus Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Mofri Antoni Kepala Seksi Kelembagaan dan Informasi Madrasah, H. Amrizal Kepala Seksi Guru, H. Jhon Of Rizal One Kepala Seksi Tenaga Kependidikan.

Selanjutnya Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), H. Syahrizal, Kepala Seksi PAI pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, H.  Hendri Panidias Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Armadi Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Takmiliyah dan Al-Qur'an, Efrian Kepala Seksi Pendidikan Diniyah, Kesetaraan dan Sistem Informasi dan Yohanis Kepala Seksi Pondok Pesantren dan Ma'had Aly.

Pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H. Uswatman Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler promosi dari JFU di Bidang PHU. H. Zilwadi Kepala Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, H. Efrizal Kepala Seksi Bina Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus, H. Ufrizaldi Kepala Seksi Tranportasi, Perlengkapan dan Akomodasi Haji Reguler dan H. Hidayat DS, Kepala Seksi Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi Haji dan Umrah.

Kemudian Bidang Urusan Agama Islam (Urais), H. Yufrizal Kepala Seksi Kepala Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah, H. Yasril Kepala Seksi Bina Paham Keagamaan dan Kepustakaan Islam, H. Syafal Mart Kepala Seksi Kepenghuluan dan Fasilitas Bina Keluarga Sakinah dan H. Yosef Khairul Kepala Seksi Bina Lembaga dan Sarana Prasarana KUA.

Terakhir Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penais Zawa), H. Thomas Febria, Kepala Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Sistem Informasi, H. Efi Yoskar, Kasi Kemitraan Umat dan Publikasi Dakwah, H. Yusran Lubis Kepala Seksi Seni Budaya, Musabaqoh Al-Quran dan Al-Hadist, H. M. Rifki, Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Bidang Penais Zawa dan Dr. Muslimah, Kepala Seksi Pemberdayaan Wakaf.

Sumber: sumbar.kemenag.go.id

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.