-->

Latest Post

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Padang, berakhir hari ini. Ketika semua peserta kembali ke daerahnya, diperkirakan uang sebesar Rp 40.145 M dari mereka, sudah beredar dan berputar di Kota Bingkuang ini.


“Angka itu tidak termasuk tiket pesawat yang dibeli pada biro perjalanan di Padang maupun dana pendukung dari Pemko Padang mau saat persiapan mau pun setelah kegiatannya,” kata Walikota Padang Hendri Septa, kepada wartawan di sela sela kegiatan Apeksi di Padang, kemarin.


"Selama kegiatan saja, 5 – 10 Agustus 2022, perkiraan perputaran uang mencapai Rp24,146 Miliar. Dasar perhitungannya, kata Hendri Septa, beredar melalui sewa hotel, sewa kendaraan, parkir, pameran di ice, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, obyek  wisata, berdagangan barang dan jasa lainnya. Peredaran terbesar terjadi pada 7 dan 8 Agustus 2022. Masing-masing di atas Rp 6 Miliar.

Uang tersebut didasarkan pada kehadiran 5.064 orang yang hadir, lalu dari pesanan kamar hotel, rata-rata 2.500 kamar perhari, ada 500-an kendaraan yang dirental peserta, pameran di ice, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, obyek  wisata, berdagangan barang dan jasa lainnya.


Selain itu, biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk persiapan dan pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi mencapai Rp15 M, ditambah bantuan pihak swasta sekitar Rp 1 M, sehingga total peredaran uang, termasuk biaya yang dikeluarkan pemerintah terkait pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi adalah Rp 40,146 Miliar.


“Semoga Rakernas Apeksi ini bisa menjadi sitawa-sidingin bagi masyarakat Kota Padang, khususnya dunia usaha untuk bisa bangkit kembali,” kata Hendri Septa.


Ia mengakui, kehadiran event ini sangat penting bagi warga kota, setelah dua tahun berada dalam kondisi terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Semoga ini menjadi momentum untuk kebangkitan. Sejalan pula dengan semangat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.


“Terima kasih kepada tamu yang sudah datang, terima kasih kepada warga kota yang sudah mendukung penuh kegiatan ini. Ini yang namanya Rakernas usai, pundi-pundi dituai,” pungkasnya dengan senyum mengembang.


Dalam Penutupan Rakernas XV Apeksi, Mendagri Tito Karnavian senang Apeksi membawa keberkahan kepada kota Padang. Ini perlu kita berikan apresiasi kepada Wali Kota Padang sebagai tuan rumah dan panitia pelaksana Apeksi. **

PADANG - MEDIAPORTALANDA - 9 AGUSTUS 2022 - Keberlangsungan UMKM di era post-pandemi memiliki

pengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi. Menurut Badan Pusat Statistik, 5.44% perekonomian Indonesia masih berada di Kuartal II per 2022. 


Hal ini menjadi urgensi bagi

UMKM Indonesia tak terkecuali UMKM Padang untuk mampu ekspansi pasar, ini dikulik dalam JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Padang.


“Memaksimalkan kondisi ekonomi saat post-pandemi, JNE bersama UMKM mencoba untuk membuka peluang pasar baru. Seperti dengan mengadakan workshop ini, dengan harapan UMKM dapat saling berbagi informasi.” sambut Yusran selaku Brand Manager JNE Padang pada Selasa, 09 Agustus 2022.


Yusran menambahkan “Untuk mendukung segala keperluan yang dibutuhkan oleh UMKM, JNE menyediakan keperluan pengiriman, e-fulfillment atau pergudangan, pengemasan, distribusi hingga keperluan SDM”, ujar Yusran menjelaskan strategi JNE dalam mendukung UMKM.


Lebih dari 170 UMKM setempat berdiskusi mengenai bisnis online pada acara tersebut. Dua diantara narasumber yang hadir merupakan pegiat UMKM setempat, yaitu Ade Bethen Parsilia selaku Marketing Pa’dan Coffee dan Ridho Ferman Shatrio selaku Owner Soraya Bedsheet.


Untuk bertahan di masa post-pandemi, Ade Bethen Parsilia selaku Marketing Pa’Dan Coffee menyampaikan pentingnya optimalisasi pemasaran bisnis baik offline dan online.


“Kami memperkuat jaringan online melalui e-Commerce, dan membiarkan konsumen mencicipi produk kami yang terbuat dari 100 persen bubuk kopi premium. Bentuk dukungan JNE adalah mengajari kami cara menampilkan produk di media sosial dengan membuat katalog yang menarik.” ujar Marketing Pa’Dan Coffee yang akrab disapa Ade.


Gigih dalam mengembangkan bisnis, strategi pemasaran yang ditekuni Ade pun beragam seperti meningkatkan reseller, mempercantik tampilan kemasan, dan improvisasi cita rasa

yang selalu menjadi keunggulan Pa’Dan Coffee.


“Harus optimis dan menciptakan produk yang berkualitas. Tips dan trik untuk pandemi adalah harus teliti melihat apa yang dibutuhkan pelanggan, karena saat ini pelanggan juga teliti dalam memilih produk.” sambung Ade.


Tak jauh berbeda dengan Pa’Dan Conffee, Ridho Ferman Shatrio selaku Owner Soraya Bedsheet juga melakukan inovasi digital untuk mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas.


“Tidak menyangka bahwa TikTok Shop dan livestreaming menjadi peluang besar untuk menarik pelanggan, ternyata antusiasme di kanal tersebut sangat besar. Untuk itu, kami mengembangkan tim Digital Marketing dan memanfaatkan WhatsApp Business untuk meningkatkan pelayanan” ujar Ridho Ferman Shatrio.


Menutup diskusi siang hari tersebut, Yusran selaku Brand Manager JNE Padang menyatakan pihaknya terus mendukung aktivitas bisnis UMKM dengan mengadakan berbagai workshop bagi UMKM di Sumatera Barat. Pelatihan tersebut mengangkat berbagai tema seperti digital marketing, photo product, dan masih banyak lagi.


Selain itu, JNE juga mengadakan layanan pergudangan atau e-fulfillment bagi konsumen yang membutuhkan ruang menyimpan produk hingga sampai di tangan pelanggan. Hal ini menjadi dukungan nyata JNE untuk mendorong produktivitas UMKM setempat.


Sebagai informasi, Padang merupakan kota ke-34 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota pada seluruh Indonesia. Setelah Kota Padang, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Cirebon pada 12 Agustus 2022. **

TANAH DATAR -  MEDIAPORTALANDA - Satgas TMMD ke –114 Kodim 0307/TD  bersama masyarakat gotong royong di sasaran fisik dalam pemasangan gorong-gorong  pembangunan jalan TMMD di Jorong pasa senayan ke jorong kawai, Rabu (10/08/2022).

 

Pantauan media ini, satgas TMMD ke- 114 bersama warga setempat berjibaku memasang gorong-gorong di titik ke 3. Antusias satgas dan warga cukup tinggi untuk memasang gorong-gorong, dimana satgas mengejar target agar seluruh kegiatan fisik selesai tepat waktu. Pemasangan gorong-gorong dibantu dengan alat berat (excavator) untuk memudahkan pengerjaanya, terutama saat memasang cincin gorong-gorong dan membuat parit saluran air.


Komandan Satuan Penugasan TMMD ke-114 tahun 2022 Letkol Czi Sutrisno,  melalui PLH Danramil 04/LB Pelda Endrik gaba di lokasi mengatakan, pada pembangunan fisik, sasaran TMMD ini bukan hanya pembangunan jalan baru saja namun ada pekerjaan lainnya yang tidak kalah penting, diantaranya adalah pemasangan gorong-gorong, tujuan pemasangan gorong-gorong adalah untuk kelancaran drainase air.


Selain itu Pelda Endrik gaba menjelaskan, gorong-gorong kali ini dibuat dengan memakai pelat beton bertulang sebagai penutup. Gorong-gorong dari pasangan batu dengan pelat beton bertulang sangat kuat jika dilewatinya dilewati kendaraan bermotor.


“Kami memberikan apresiasi terhadap kinerja yang ditunjukkan oleh anggota Satgas dan masyarakat yang selalu tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas dan pengerjaan saat pemasangan gorong-gorong,” ujar Pelda Endrik gaba.


Selain itu masyarakat dilokasi TMMD Hamdi juga menyampaikan Kami tetap semangat mendukung terus pekerjaan sasaran fisik di lokasi TMMD karna kalau sudah selesai semua itu berguna meningkatkan ekonomi masyarakat kami, Ungkap hamdi.(**).

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.