-->

Latest Post

Photo Ist

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar (BPPW Sumbar) saat ini tengah membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), hal ini merupakan tekad Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam upaya menerapkan birokrasi reformasi, sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas.


Sebagai salah satu langkah awal pembangunan Zona Integritas di lingkungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar adalah dengan dilakukannya penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala Balai hingga staf dalam menentukan sikap dan komitmen untuk menuju Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pembangunan infrastruktur permukiman yang tepat mutu, tepat sasaran, bersih dan akuntabel.


Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar, Kusworo Darpito mengatakan bahwa salah satu langkah untuk menuju Zona Integritas adalah dengan melakukan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) yang ada dilingkungan Balai PPW Sumbar, hal ini dilakukan dengan cara menanamkan nilai dasar “Core Values” seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu “BerAKHLAK”. 


BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang no. 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN, “Sebagai seorang abdi bangsa, kita semua diamanahi tugas membangun bangsa dan menjadi pelayan publik, sesuai dengan nilai dasar aparatur sipil negara (ASN) yakni BerAKHLAK” tutur Kusworo Darpito.


Hadirnya “Core Values” Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK bertujuan menyeragamkan perbedaan penerjemahan nilai-nilai dasar serta kode etik dan perilaku ASN. Orientasi pelayanan yang berkualitas dan profesional, bukan hanya sekedar jargon, melainkan harus diamalkan untuk kemajuan bangsa, terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri PUPR No.23/SE/M/2021 menjadi salah satu upaya untuk internalisasi nilai “Core Values” BerAKHLAK bagi ASN di Kementerian PUPR.


Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik akan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), pelayanan publik yang berkualitas, serta kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi yang tinggi. Ketiganya merupakan prasyarat keberhasilan pembangunan,  pemerintahan yang bersih akan meningkatkan pengelolaan sumber daya pembangunan yang akuntabel, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat.


Terkait pembangunan Zona Integritas dilingkungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar, Kusworo Darpito mengharapkan dukungan kepada semua pihak, agar cita-cita menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dapat tercapai, “pembangunan zona integritas ini tidak bisa kita lakukan sendiri, ini membutuhkan dukungan oleh semua pihak, mari bersama-sama kita mewujudkannya” ujar Kusworo Darpito. (rel)

PADANG - MEDIAPORTALANDA - Hari Pelanggan Nasional menjadi momen khusus bagi Perumda Air Minum Kota Padang untuk memberikan sesuatu yang spesial kepada setiap pelanggan setia atas kepercayaan yang telah terjalin. Sesuai dengan tema hari pelanggan nasional tahun ini yaitu "Menciptakan Pelanggan Sebagai Promotor", "Kami Ada Untuk Pelanggan". Hal ini merupakan bukti bahwa kami tidaklah berarti apa-apa tanpa Bapak/lbu semua, sebagai pelanggan setia.


Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2022 yang jatuh pada hari ini Minggu, 4 September 2022 dijadikan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang sebagai momen untuk mengapresiasi pelanggan yang membayar tagihan rekening air tepat waktu.

Bertempat di ZHM Premiere, sebuah acara bertajuk "Menciptakan Pelanggan Sebagai Promotor" ini dihadiri oleh 30 orang pelanggan terpilih yang selalu membayar tagihan air tepat waktu setiap tanggal 1 diawal bulan.


Dirum Perumda AM Kota Padang, Afrizal Kuning didampingi Dirtek Andri Satria mengatakan, bahwa kegiatan Hari Pelanggan Nasional yang bersentuhan langsung dengan pelanggan ini baru pertama kali digelar. Perumda Air Minum Kota Padang sangat mengapresiasi pelanggan yang setia membayar tagihan rekening air pada tanggal 1 setiap bulannya.


Walikota Padang, yang diwakili Asisten II Padang Didi Riyadi mengucapkan Selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2022. Melalui perayaan Harpelnas ini diharapkan sebagai sarana untuk mempererat hubungan dengan pelanggan. Keberhasilan perusahaan sampai saat ini tentu saja karena dukungan Bapak/lbu semua.


Semoga dengan semangat Harpelnas ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus produktif memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan khususnya dan masyarakat Kota Padang umumnya. **

SUMBAR - MEDIAPORTALANDA - Kementrian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, (BWSS-V Padang), saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan waduk guna memenuhi kebutuhan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) di Sumatera Barat.


Hal ini terlihat dari beberapa pengerjaan pembangunan sarana prasarana pengendalian banjir dan sendimen pada titik berbeda di Sumbar. Termasuk Batang Suliti Kabupaten (Solsel) Solok Selatan, bernomor kontrak: HK.02.03/05/BWS.SV/PJSA-WSBH/498077/SP/IV/2022. Pembangunan infratruktur waduk ini diprediksi bakal menuntaskan keluhan warga akibat luapan sungai, dan kekeringan pada saat musim kemarau.


Proyek mulai kontrak 08 April 2022. Nilai kontrak Rp.53.715.090,00, masa pelaksanaan 265 hari kelender tersebut dikerjakan oleh  PT. Arafah Alam Sejahtera, dengan konsultan supervisi, PT. Globetek Glory Konsultan KSO PT. Tri Exnas KSO CV. Atrium Arsitek Konsultan Perancang, diakui profesionalisme dalam bidang Konstruksi.

Dibawah pengawasan tim ahli BWSS-V Padang, PT. Arafah Alam Sejahtera, sangat profesional. Pekerja dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). Percepatan pembangunan sistem pengendali banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut. Bendungan dan "Retaining wall" yang mempunyai fungsi sebagai penahan tanah agar kondisinya terus stabil tidak longsor dan terlindung dari erosi, telah menampakkan hasil.


Kini, sungai yang selama ini menjadi momok bagi kehidupan warga segera teratasi. Selain ribuan sawah teraliri. Areal tersebut telah "disulap" menjadi ikon wisata baru. Kini warga mulai berdatangan untuk melihat indahnya panorama alam sekitar Batang Suliti. Bahkan tanpa tersadar jemari mungil pengunjung bermain dengan kamera untuk mengabadikan keindahannya.


"Sebelum proyek pengendali banjir ada, luapan sungai sering menggenangi ratusan hektare lahan pertanian dan peternakan masyarakat setempat. Bahkan, sarana dan prasarana jalan rusak, roda perekonomian juga ikut terhambat," keluh Sutan Sadikin warga setempat, (2/9).


" Manfaat waduk kini dapat dirasakan oleh warga, karena telah memberikan dampak positif terhadap khususnya bidang pertanian. Ditambah lagi dengan desiran angin yang berirama membuat semua orang terpana, terkesima dengan keindahannya. Imbas dari semua itu, perekonomian warga akan bangkit lantaran akses jalan terbuka," jelas Sadikin.


Atas ini semua, kami dari kalangan akar rumput tmengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, Satker, PPK, pelaksana lapangan BWSS-V Padang, juga Kontraktor PT. Arapah Alam Sejahtera yang telah bekerja profesional. Semoga proyek ini tuntas tepat waktu, ujar Sadikin mengakhiri. (An)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.