-->

Pelestari “Kripik Macho Mando Kota Solok” Ilwandi : Yang Penting Rasanya

Baca Juga


MPA,KOTA SOLOK - Kripik yang terbuat dari ikan macho, ikan kecil sejenis pari, dan udang adalah makanan kripik yang dikenal dengan sebutan “kripik macho”,merupakan “camilan” asli ranah Minang dan “warisan” nenek moyang Masyarakat Sumatera Barat.

Karena “kripik macho”,merupakan “camilan” asli ranah Minang, itulah alasan kenapa Ilwandi, Suami dari Lisa ayah dari 2 orang anak yang tinggal di koto baru kota Solok Sumatera barat ini menekuninya. Ia kini produsen nya sekaligus pedagang.

Kripik macho buatan Ilwandi kini menjadi “favorit” di sejumlah gerai toko oleh-oleh yang ada di kota Solok Padang, dan sejumlah supermarket lainnya. Bahkan kini ia kewalahan untuk memenuhi permintaan pelanggan nya.

Sewaktu ditemui awak media ini pada Sabtu (15/09/2018) , Wandi menuturkan proses pembuatan dan Ramuan kripik Macho yang ia peroleh dari berbagai percobaannya berkali-kali selama proses pembuatanya. Menurut yang biasa disapa Wandi, ia telah melakukan tray and error lebih dari setahun.

Meski begitu ia tidak kenal kata menyerah, karena ia berkeyakinan bahwa rasa yang pas pasti akan didapat. Terbukti benar, setelah berulang-ulang ia bereksperimen, lalu menjualnya kepada tetangga dan anggota kelompok usaha kecil. Saat itu, tetangga dan temannya yang mencoba kripik macho buatan nya  menyatakan bahwa rasanya enak pas untuk cemilan masyakat Padang.

Dari situlah ia makin percaya diri untuk mengembangkan usahanya, apalagi kapasitas ikan macho dan udang cukup melimpah dan belum banyak yang memanfaatkannya.

Setelah bergelut dengan produksi dan sempat berhenti, ia kini terus meningkatkan kemampuan produksi usahanya. Ia berharap suatu saat nanti, kripik macho buatan nya bisa bersaing dengan oleh-oleh Padang yang lain seperti; kripik balado, rendang, kripik kentang yang sudah terkenal di seluruh nusantara. 

Penasaran? Silahkan mencoba, dan langsung hubungi yang bersangkutan ke nomor Hp 0852-7494-7529  pasti ketagihan....  

(Ar)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.