Baca Juga
Agung Suprio Ketua KPI
Webinar IJTI tentang Optimisme Jurnalis di Era Covid 19.
Salah satu pembicara di webinar ini adalah Menkominfo yang diikuti oleh 400 an
peserta dari seluruh Indonesia. Dan satunya lagi adalah saya.
Saya memulai dari dua hal: (1) Pernyataan WHO yang mengatakan
bahwa virus Covid-19 tidak akan pernah hilang penduduk bumi harus hidup
dengannya. (2) negara Vietnam yang sukses dalam menangani Covid-19 karena
sampai tulisan ini dibuat belum ada satu pun warga Vietnam yang wafat oleh
Covid-19.
Pernyataan WHO mengajak Kita untuk hidup sesuai protokol
Covid-19: sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, pysichal distancing,
dan seterusnya yang sering Kita lakukan pada era Covid-19 menjadi kebiasaan
baru untuk seterusnya (dan mungkin selamanya) yang akan disebut dengan the new
normal.
Sementara itu, Vietnam yang sukses karena warganya displin
menerapkan protokol Covid-19 dalam kehidupan sehari2. Artinya kita memang tidak
punya pilihan lain selain berdamai dengan Covid-19 namun tanpa adanya korban
jiwa seperti di Vietnam. Mampukah?
Menjawab itu dengan membandingkan Vietnam maka peran Lembaga
Penyiaran (LP) dan Jurnalis menjadi maha penting, sebagaimana di Vietnam,
propaganda penerapan protokol Covid-19 dilakukan massif lewat LP dan Jurnalis
memberitakan peristiwa di lapangan di akhiri narasi optimisme bahwa wabah akan
teratasi jika warga disiplin.
Di Indonesia, mau tidak mau propaganda penerapan protokol
Covid-19 harus dilakukan oleh LP dan para jurnalis sehingga nantinya warga akan
patuh, disiplin, dan menjadi kebiasaan baru. Di sini pemerintah harus
memberikan insentif kepada LP dan para jurnalis.
Perlu diketahui bahwa sekalipun rating penonton tinggi
disebabkan WFH, tidak serta merta diikuti dengan tingginya pemasangan iklan.
Hal itu disebabkan industri pada umumnya mengalami stagnasi yang luar biasa --
untuk tidak mengatakan mundur atau krisis -- sehingga mereka memangkas anggaran
belanja iklan. Jika kondisi ini terus berlangsung maka LP akan membuat pilihan
yang paling mudah dan rasional yakni mengurangi karyawan yang sebagian di
antaranya adalah para jurnalis.
Di negara2 lain pun insentif dari pemerintah dilakukan.
Kanada, umpamanya berkomitmen untuk membantu 600 juta USD kepada Industri
media. Denmark, Finlandia, Portugal, Jerman, dan India memberikan insentif
kepada Jurnalis untuk membuat liputan tentang Covid-19. Kita memang tahu bahwa
pemerintah pun saat ini sedang kesulitan anggaran. Oleh karenanya, jika pun
tidak Ada insentif, maka beban listrik, pajak kepada LP dapat ditinjau ulang
atau pun BPJS tidak perlu dibebankan kepada Jurnalis dalam era Covid-19 ini.
Di saat yang sama, dapat digagas penarikan pajak yang
maksimal dari media baru (platform digital) -- seperti Facebook dan YouTube
karena selama ini mereka mendapatkan konten dari jurnalis dan LP, dan media
baru menikmati keuntungan yang tidak sedikit -- yang diperuntukan untuk
jurnalis dan Lembaga penyiaran.
Demikian pendapat Saya dalam webinar ini. (*)
Sumber : sindonews