-->

Firman Sikumbang Sesalkan Adanya Pemberitaan Diantara Sesama Media

Baca Juga

PADANG - MEDIAPORTALANDA - 9 MARET 2023 - Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Republik Indonesia Sumatera Barat (IKW-RI Sumbar) Firman Sikumbang sangat menyesalkan tingkah oknum jurnalis yang sok bersih dan sok hebat memberitakan sesama Jurnalis. Menurutnya, hal ini sama dengan menepuk air didulang. Dan, secara tidak langsung awak media tersebut sudah melumuri sendiri mukanya dengan kotoran. 


Mungkin ini menjadi catatan terburuk diantara para jurnalis di Kota Padang, Sumatera barat, dimana nilai moral seorang jurnalis sudah mulai kendur. Dengan sesama sudah saling jatuh, saling beritakan. Tidak kah yang menulis sadar bahwa dia adalah seorang jurnalis juga, yang berprofesi sebagai seorang pewarta, seorang penjaga demokrasi. Apakah dia tidak sadar bahwa ia sedang menyerang profesi dan dirinya sendiri, Ujar firman.

Firman menilai, mungkin sang oknum jurnalis tersebut tidak mempunyai jiwa korsa dengan sesama jurnalis. Dan, ia menganggap. Bahwa, jurnalis tersebut sedang dalam keadaan tidak sadar, atau tidak baik-baik saja.


Kalau dia seorang yang faham kode etik, bagaimana seseorang di katakan jurnalis yang syah, sesuai UU Pers nomor 40 tahun 1999. Ini terlalu gampang mengatakan seseorang mengaku-ngaku sementara dia tidak faham apa yang ia katakan.


Dalam UU pers bisa diambil kesimpulan. Bahwa, nilai pers sangat tinggi dimata hukum dan negara demokratis, sebagai penjaga demokrasi dan pilar keempat demokrasi, dimana moral dan norma seorang jurnalis sangat dibutuhkan. 


Bukan dengan seenaknya menjatuhkan profesi yang sama. Nah, jika sudah begini, perlu diajukan sebuah pertanyaan. Yakni, bisakah ia membela dirinya sendiri ketika bermasalah. Dan, diserang habis-habisan oleh seseorang diluar jurnalis. Siapa yang akan membela, sementara ia sendiri menyerang dirinya sendiri atau profesinya sendiri.


Jadi saya merasa lebih baik jauhkanlah prilaku buruk yang bisa menjatuhkan profesi sendiri. Jangan naif, tidak perlu mencari kesalahan orang. Seluruh insans pers berada pada koridor dewan pers. Dan, Dewan Pers adalah kiblatnya awak media. "Semoga difahami", ujar firman Sikumbang.  An



[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.