-->

Kolaborasi UNP dan Bank Sampah Pondok Permai Transformasi Kelurahan Limau Manis Selatan Menjadi Oasis Bersih

Baca Juga

PADANG - 4 SEPTEMBER 2023 - Kolaborasi antara Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) dan Bank Sampah Pondok Permai terus membuahkan hasil positif dalam upaya penanggulangan sampah di Kelurahan Limau Manis Selatan. Program PKM ke 2 yang diluncurkan pada hari Minggu, 3 September 2023, telah menginspirasi warga untuk menjalani budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pencemaran lingkungan.


Dalam upaya menjadikan Kelurahan Limau Manis Selatan sebagai lingkungan yang bersih dan berkelanjutan, para Dosen UNP, dengan dukungan Arif Hydro Farm, menyelenggarakan pelatihan budidaya maggot BSF. Budidaya ini diketahui memiliki potensi besar dalam mengolah sampah organik, termasuk sayur, buah, daging, dan berbagai jenis sampah dapur lainnya.

Dr. Resmi Darni, M.Kom, selaku ketua program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) UNP, menjelaskan, "Program ini bertujuan untuk meminimalisir kasus pencemaran lingkungan. Maggot BSF terbukti sangat efektif dalam menguraikan sampah organik menjadi sumber nutrisi yang baik. Sampah organik ini dijadikan sebagai media pakan bagi maggot BSF yang kemudian dapat digunakan sebagai pakan ternak atau sebagai pupuk organik yang berkualitas".

Para peserta pelatihan tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis tentang budidaya maggot BSF, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis dalam mengelola koloni maggot tersebut. Ini adalah langkah konkret dalam menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung perekonomian warga Limau Manis Selatan ujar Bapak Noverman selaku Lurah Limau Manis Selatan.

Ibu Juraimah, salah seorang peserta pelatihan, mengungkapkan, "Saya sangat senang bisa ikut serta dalam program ini. Budidaya maggot BSF tidak hanya membantu saya mengurangi sampah di rumah, tetapi juga memberikan peluang usaha baru yang bisa meningkatkan pendapatan keluarga saya," ujarnya.

Program ini telah mendapatkan dukungan positif dari masyarakat setempat dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi wilayah-wilayah lain untuk mengembangkan inisiatif serupa dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan ekonomi lokal. Dengan kolaborasi yang kuat antara perguruan tinggi, sektor swasta, dan masyarakat, Kelurahan Limau Manis Selatan terus bertransformasi menuju Oasis bersih yang ramah lingkungan.  ***

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.