-->

Partisipasi Masyarakat dalam Politik : Menyuarakan suara dalam Pemilu 2024

Baca Juga

Penulis: Fidela Nathania Mirfi, Mahasiswi Universitas Andalas dari Departemen Administrasi Publik.

Partisipasi masyarakat dalam politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk turut serta secara aktif dalam kehidupan politik. Partispasi politik adalah hal yang sangat penting dalam demokrasi.

Menurut ahli Herbert McClosky, partisipasi politik adalah kegiatan sukarela dari masyarakat dalam mengambil bagian dari proses pemilihan penguasa, dan secara langsung atau tidak, terlibat dalam pembentukan kebijakan umum.

Partispasi ini bisa bersifat individual atau kolektif, terorganisir atau spontan, mantap atau sporadis, secara damai atau dengan kekerasan, serta ilegal atau legal. Partispasi politik berkaitan erat dengan kesadaran politik. Masyarakat yang ikut serta dalam berpartisipasi politik sadar bahwa tindakan mereka dapat memberikan pengaruh dalam dunia perpolitikan.

Partisipasi masyarakat dalam politik sangatlah penting, sebab sebagai negara yang demokrasi, Indonesia seluruh warga negaranya ikut serta dalam menyuarakan pendapatnya. Seperti salah satunya adalah berpartisipasi politik di lingkungan sekitarnya. Caranya dengan memberikan suara dalam pemilihan umum 2024. Sebagai negara yang demokrasi, pemilihan umum 2024 sudah sangat di nanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah siap mengeluarkan suara-suara yang akan mereka keluarkan pada pemilihan presiden pada tahun 2024 besok.

Warga negara Indonesia sudah sangat amat lama menantikan selama 5 tahun ini, siapakah yang akan melanjutkan perjalanan presiden jokowi dodo yang akan nanti menjadi presiden di tahun 2024 nanti hingga 5 tahun ke depan nanti. Terlebih-lebih kepada pemuda-pemudi yang baru pertama kalinya ikut serta dalam mengeluarkan suaranya. Pemilihan presiden dan wakil presiden ini sudah sangat menjadi momentum paling penting dalam sejarah bangsa Indonesia ini, yang sudah pasti akan terpengaruh untuk bangsa indonesia kita ini ke depannya. Seperti yang sudah kita ketahui semua, bahwa ada 3 kadidat yang terpilih yang akan di suarakan dalam pemilihan presiden pada tahun 2024 nantinya, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Dengan yang kita ketahui, Prabowo Subianto tidak pernah menyerah untuk mengikuti kadidat pemilihan Presiden selama ini, walaupun beliau sudah 4 kali gagal dalam mengikuti pemilihan calon presiden. Prabowo memiliki latar belakang militer yang sangat kuat, ia pernah menjadi perwira di Komando Pasukan Khusus (kopassus) TNI AD dan memiliki pangkat mayor jenderal. Setelah pensiun dari TNI AD, ia langsung terjun ke politik dengan mendirikan partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada tahun 1998. Berawal dari mencalonkan diri menjadi calon presiden di tahun 2004 sebagai pencalonan pertama hingga pencalonan keempat pada tahun 2019 ia selalu gagal dan kalah dalam suara yang terpilih. Walaupun ia gagal pada pencalonan presiden keempat ini, ia tetap menjadi salah satu politik yang berpengaruh besar di Indonesia, ia menjabat menjadi Menteri Pertahanan Indonesia dalam indonesia Maju pada periode 2019-2024. Namun, kegigihan Prabowo tidak berhenti sampai disitu, ia kembali mencalonkan presiden pada tahun 2024 ini, dengan visi misi yang dimilikinya yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda Indonesia di masa depan. Prabowo, dalam hasil survei indikator politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023 mendapattkan dukungan paling tertinggi di kalangan generasi muda Indonesia, dengan sebanyak 40,5 persen kalangan Gen z memilih dan mendukung Prabowo sebagai Presiden Indonesia selanjutnya. Dan dengan dukungan 3 partai yaitu Partai Gerindra yang memiliki 78 kursi di parlemen, partai Golkar memiliki sebanyak 85 kursi, dan PAN memiliki 44 kursi.  Dan jika di gabungkan, Prabowo telah memenuhi syarat untuk bertanding dalam pemilihan presiden 2024.

Sementara itu, Ganjar Pranowo ialah Gubernur Jawa Tengah yang dikenal sebagai sosok pemimpin yang merakyat, berani dan tegas. Ia dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di karenakan Ganjar Pranowo merupakan kader terbaik PDIP untuk maju sebagai calon presiden 2024. Dengan visi yang dimiliki oleh pak Ganjar Pranowo yang telah merumuskan intinya oleh PDIP Hal pertama yang disampaikannya adalah menempatkan skala prioritas terpenting pada upaya memberantas kemiskinan dan stunting atau masalah gizi. Visi selanjutnya adalah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan mengeluarkan Indonesia dari jebakan negara berpenghasilan menengah atau middle income trap. Lalu, mewujudkan keadilan dan kemakmuran secara progresif, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, di sisi lain, Anies Baswedan selaku Gubernur Jakarta yang sangat populer ikut serta dalam pemilihan calon presiden tahun ini. Banyak orang yang menilai bahwa Anies Baswedan ini telah melalui semua tahapan sebagai seorang pemimpin yang telah menjalani karier yang luar biasa, ia sudah melalui semua tahapan untuk menjadi pemimpin, mulai dari menjadi Aktivis, Rektor, mengirimi anak-anak untuk menjadi guru di pelosok, hingga menjadi seorang menteri dan gubernur. Selama memimpin Jakarta Anies sudah berhasil membangun fasilitas publik di Jakarta yang berstandar internasional, seperti, Jakarta International Stadium (JIS), trotoar, halte, hingga pusat kesenian,dan terlebih lagi Anies sukses menangani Covid-19 di Jakarta. Visi yang dimiliki oleh Anies ialah ingin Indonesia yang kemajuannya di rasakan oleh kita semua, ingin ada kesetaraan, mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, pendidikan yang baik, dan sebagainya. Menurutnya kesetaraan ini sudah di amanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Memandang Pemilu 2024 merupakan momentum sangat penting bagi transisi kekuasaan secara demokratis. Khususnya lewat kontestasi yang berlangsung secara adil, jujur, langsung, umum, bebas, rahasia, aman, dan damai. Pemilu 2024 adalah kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mengeluarkan suaranya untuk memilih pemimpin yang akan membawa negara Indonesia ini lebih baik ke depannya. Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo adalah tiga nama besar yang akan bersaing ketat dalam pemilihan presiden 2024 ini. Namun yang paling terpenting adalah bagaimana masyarakat Indonesia akan memilih pemimpin yang mereka yakini akan menjalankan tugasnya dengan bijaksana, dan membuat kesejahteraan untuk masyarakat Indonesia kedepannya.

Pemilu 2024 menjadi panggung yang sangat penting untuk warga negara Indonesia untuk memastikan arah dan masa depan negara kita nantinya. Lewat hak suara yang kita miliki, kita mempunyai kekuatan untuk memilah pemimpin yang mewakili aspirasi serta kebutuhan kita selaku warga negara Indonesia. Partisipasi masyarakat merupakankunci kesuksesan dalam pemilu 2024. sebagai masyarakat yang baik, partisipasi masyarakat yang aktif dan cerdas lah yang akan membantu menjaga dan memperkuat demokrasi di negara kita ini. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan berharga ini dalam pemilu 2024. mari kita memilih calon presiden yang mewujudkan kemajuan, keadilan, dan memilih pemimpin yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan kita sebagai masyarakat Indonesia untuk memilih calon presiden yang mejalankan tugasnya dengan bijaksana dan membuat kesejahteraan Indonesia kedepannya nanti.

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.