-->

Pj Walikota Padang Panjang Sonny Sambut Kedatangan Tim Kementerian PPPA

Baca Juga

PADANG PANJANG - Tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melakukan verifikasi dan validasi lapangan Pengarusatamaan Gender (PUG) jelang  digelarnya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2023.

Tim tersebut bakal mengamati langsung kesesuaian data yang dikirim Pemko ke Kementerian beberapa waktu lalu. Rombongan yang diketuai Ratih Rachmawati ini, disambut Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), pada Kamis (16/11).


APE merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA kepada Pemerintah Daerah atau lembaga yang berkomitmen dan berperan dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG. 

Sonny mengatakan, kunjungan tim ini memiliki makna penting, melihat tingkatan dan upaya yang dilakukan Pemko terhadap PUG.  Dirinya meyakini saat ini kesetaraan gender sangat baik dari penilaian pertama pada 2020. Padang Panjang waktu itu meraih kategori Pratama.


Dikatakannya lagi, Padang Panjang merupakan kota yang menjunjung tinggi PUG jauh sebelum hal itu digaungkan. Terbukti dengan kehadiran sekolah perempuan Perguruan Diniyyah Puteri pada 1923. Sekolah itu ini sudah mencapai usia satu abad. 


Disamping itu, di era globasiasi tidak melunturkan nilai luhur adat istiadat, menempatkan Bundo Kanduang di posisi yang strategis. “Kesetaraan gender sangat dihargai dari dahulu di Padang Panjang. Prinsip demokrasi di Sumbar khususnya di Padang Panjang sangat tinggi. Tidak ada kesenjangan,” tuturnya.  


Sementara itu, Ratih Rachmawati mengapresiasi Pemko telah melakukan input data dan lembar kerja penyelenggaraan PUG tepat waktu. 


“Kami apresiasi kerja Padang Panjang.  Tujuan verifikasi untuk melihat lebih dalam lagi PUG secara komprehensif. Verifikasi sebagai dasar menominasikan APE,” ujarnya. 


Dijelaskan Ratih, tidak semua data dari daerah  yang masuk diverifikasi. Pihaknya sangat teliti untuk hal itu. Kemudian, tidak otomatis verifikasi dan validasi di lapangan menentukan diraihnya anugerah ini. Semua tergantung penggalian dan kecocokan data di lapangan. (HR/An

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.