-->

Temu Kangen dengan Kejari, Wakil Jaksa Agung RI di Sambut Hangat oleh Pj Walikota PP, Sonny Budaya Putra

Baca Juga

PADANG PANJANG - 11 NOVEMBER 2023 - Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, Dr. Sunarta, M.H Temu Kangen dan Silaturahmi dengan Keluarga Besar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Padang Panjang (PP).

Meskipun diguyur hujan, kedatangan orang nomor dua Kejaksaan Agung RI ke Kantor Kejari PP, tetap disambut hangat oleh Penjabat Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Kepala Kejari Jerniaty, M.H, Anggota Komisi IX DPR RI, dr. Syuir Syam, M.Kes, MMR, Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Forkopimda, serta kepala OPD.


Sebelum memasuki Kantor Kejari persisnya di halaman depan, Sunarta dan rombongan disambut dengan atraksi seni tradisional Minangkabau berupa Tari Galombang dan Tari Galuik Gandang.


Dalam sambutannya, Sunarta menyampaikan rasa rindunya terhadap Padang Panjang. "Ternyata suasana Padang Panjang masih sama seperti dulu. Asri dan dingin," ujarnya.


Sunarta juga memberikan pesan agar para pejabat selalu menjaga koordinasi dengan semua pihak. Tetap kompak serta bekerja sesuai dengan aturan. Sehingga apa yang dikerjakan akan membuahkan hasil yang baik.


Sunarta juga merasa terharu dengan sambutan dari Kejari Padang Panjang. "Ini benar-benar luar biasa. Saya pikir saya mampir biasa-biasa saja. Ternyata luar biasa. Kalau ada apa-apa, selagi saya bisa bantu Insyaallah saya bantu jika ada yang diperlukan oleh Padang Panjang," tuturnya.


Sementara itu Pj. Wako Sonny mengucapkan selamat datang di Padang Panjang kepada Sunarta dan istri, Iis Komisah, Inspektur III Jaksa Agung Muda Pengawasan, Darmawel Aswar, M.H serta rombongan. 


"Bapak Sunarta ini bukan orang baru lagi di Padang Panjang. Karena jauh sebelum menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung, Beliau pernah menjadi Kajari di Padang Panjang. Ini sungguh suatu kebanggaan bagi Padang Panjang, dimana karena alumni pejabat Padang Panjang berkiprah dan berkontribusi di tingkat pusat," ujarnya.


Kajari Jerniaty juga mengucapkan selamat datang di Kejari. "Kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Sunarta yang telah hadir di Kejari Padang Panjang," ujarnya.


Dikutip dari beragam sumber, perjalanan karir Sunarta sebagai aparat penegak hukum Kejaksaan terbilang cukup lengkap. Mulai dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kejari Subang (1991).


Anak petani dan penggembala kambing kelahiran Subang 12 Juni 1964 ini, mengawali karir sebagai Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) pada Kejari Singkawang (1994).


Setelah hampir lima tahun bertugas di Kejari Singkawang, Kalimantan Barat, bungsu dari sembilan bersaudara yang mengenyam pendidikan di Subang (SD, SMP dan SMA), dipindahtugaskan menjadi Kasi Intel di Kejari Karawang, Jawa Barat (1999). Lalu menjadi Kasi Wilayah II Direktorat Uheksi pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung). 


Lalu berturut-turut menjadi Kajari Padang Panjang pada Oktober 2004-Maret 2007. Sebagai Kajari Banyuwangi, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu dan Kajari Palembang.


Karir Sunarta terus naik, setelah menjadi Kajari Palembang. Ia dipercaya menjadi Asisten Intelijen (Asintel) pada Kejati Jawa Tengah (2012). 


Dua tahun kemudian menjadi Kasubdit pada Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejagung (2014). Lalu pada tahun yang sama menjadi Koordinator pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejagung.


Puncaknya pada 31 Desember 2021 Sunarta ditunjuk Presiden Joko Widodo  menjadi Wakil Jaksa Agung menggantikan Setia Untung Arimuladi yang sudah memasuki masa pensiun. **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.