-->

Ganefri Calon Gubernur Sumbar 2024 - 2029: Miskin Bukan Alasan Untuk Anak Tidak Kuliah

Baca Juga

SUMBAR - Calon Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, PhD memotivasi para orang tua siswa yang ada di Kota Payakumbuh untuk mempersiapkan kuliah anaknya di perguruan tinggi sedini mungkin. 


“ Tidak ada alasan untuk tidak menguliahkan anak. Karena uang kuliah tidak mahal. Yang mahal itu justru uang sekolah di TK dan sekolah swasta, ketimbang uang kuliah,” ujar Ganefri di acara Seminar Parenting Hardiknas dan Pengukuhan Pengurus DPD Iluni UNP Kota Payakumbuh, Selasa (07/05/2024) di Aula SKB Kota Payakumbuh.

“Orang tua dan mamak kami, saat kami masih kecil-kecil mengatakan, meski hidup susah tapi harus sekolah dan mesti kuliah. Inilah prinsip hidup keluarga yang mesti dipegang," kata Prof Ganefri, yang ternyata juga putra Luak Limopuluah.


Calon Gubernur periode 2024 - 2029 yang akan mampu membawa kemajuan bagi dunia pendidikan Sumbar ini mengatakan bahwa, miskin bukan alasan bagi orang tua untuk tidak menguliahkan anaknya di perguruan tinggi. Karena selain uang kuliah tidak mahal, juga ada beasiswa dan uang kuliah gratis selama kuliah melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau bidik misi dan lainnya.


"Sistem penetapan uang kuliah sekarang tidak seperti dulu lagi yang disamaratakan antara keluarga miskin dan keluarga yang mampu atau kaya. Kini uang kuliah disesuaikan dengan kemampuan orang tua si mahasiswa. Di UNP ada 7 tingkat uang kuliah, mulai dari Rp500.000 per semester hingga yang tertinggi Rp7 juta per semester. Tidak mahal kan?," sebut Prof. Ganefri yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).


Selain itu, jika ada kemauan banyak pekerjaan sampingan di sekitar kampus UNP yang dapat digeluti oleh mahasiswa. Contohnya, menjadi garin masjid atau mushalla di Kota Padang atau di sekeliling kampus, gajinya per bulan Rp 1 juta dan gratis pula tinggal di tempat yang layak di kamar masjid. "Syaratnya tidak sulit, pandai azan dan iman dengan hafalan beberapa surat ALQuran. Intinya, kemauan anak dan keseriusan Bapak dan Ibu untuk menguliahkan anak. Inilah yang sangat penting," sebut ujar Prof. Ganefri yang merupakan rektor terbaik se-Indonesia tahun 2023 lalu.


Dimomen itu, terlihat para orang tua siswa sangat antusias dan serius mendengarkan materi yang disampaikan Prof. Ganefri. Apalagi tema seminar "Memilih kampus yang tepat untuk kuliah di perguruan tinggi" sangat cocok dengan keinginan para orang tua. Begitu kesempatan bertanya diberikan, para orang tua pun banyak yang angkat tangan ingin bertanya. Mereka menanyakan perihal besaran UKT dan juga persoalan jalur SNBP, Mandiri dan UTBK.


Bahkan, ada orang tua siswa yang anaknya baru saja lulus dijalur SNBP di Kampus UNP mengajukan permohonan kepada Rektor Prof. Ganefri untuk diberikan UKT terendah, karena si anak tersebut berstatus piatu, ibunya telah meninggal dunia. Dan si anak tinggal bersama si ibu.


Ganefri pun langsung menyuruh stafnya mencatat nama si anak untuk ditindaklanjuti diberikan UKT terendah, bahkan jika memenuhi persyaratan akan diajukan menerima beasiswa.  **

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.