Nomenklatur Berubah, 107 Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemko Padang di Lantik
MPA,PADANG
– Bertempat di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah siang tadi,
Senin (4/2/2019) berlangsung acara Pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
(Eselon II), Administrator (Eselon III), dan Pengawas (Eselon IV) di Lingkungan
Pemerintah Kota Padang. Sebanyak 107 orang pejabat dimaksud dilantik oleh Wali
Kota Padang, Mahyeldi.
Turut
mendampingi Wali Kota Padang pada
kesempatan tersebut Pj. Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul dan Asisten
Administrasi Setda Kota Padang, Didi Aryadi.
“Pelantikan tersebut dilakukan
karena terdapat beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami
perubahan nomenklatur. Perubahan dilakukan berdasarkan perhitungan beban kerja
pada masing-masing OPD. Ada OPD yang mengalami perampingan jabatan struktural
dan ada juga yang mengalami penambahan jabatan struktural”, ulas Mahyeldi dalam
sambutannya.
Beberapa OPD yang mengalami
perubahan nomenklatur tersebut, yaitu: Badan Kepegawaian dan Pengembangan
Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah (DPRD) Kota Padang, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang, Dinas
Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang, dan Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang.
“Perubahan tersebut membuat
jabatan struktural terkait perlu dikukuhkan agar dapat berjalan dan
beraktivitas melayani masyarakat sesuai dengan struktur yang baru. Tupoksinya
juga selaras dengan struktur yang baru, karena jika berbeda tidak bisa
dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan. Oleh sebab itu perlu pengukuhan”, jelas
Wali Kota.
Pejabat Eselon II yang dikukuhkan
pada pelantikan tersebut yaitu Sekretaris DPRD Kota Padang Syahrul, Kepala BKPSDM
Kota Padang Habibul Fuadi, dan Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi.
Kepada pejabat yang dilantik,
Mahyeldi meminta untuk dapat memperhatikan beberapa hal di antaranya untuk
segera beradaptasi dengan tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing, serta
membangun koordinasi, komunikasi dan kerjasama efektif secara berjenjang, baik
dengan pimpinan ataupun bawahan.
“Perlu disadari bahwa tugas
pelayanan bukanlah pekerjaan mudah, apalagi kebutuhan dan kepentingan
masyarakat semakin meningkat dan beragam. Oleh karena itu, segera pelajari dan
pahami tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat
sehingga proses adaptasi pegawai berjalan cepat pula. Juga tingkatkan motivasi
dan semangat kerja, sehingga tugas-tugas yang telah dipercayakan dapat
dilaksanakan dengan baik”, tegasnya. (BT/Ady