-->

Komitmen Penyelenggaraan Kota Sehat, Skpd Tandatangani Kesepakatan Dengan Walikota

Baca Juga

MPA,BUKITTINGGI – Nyaman, Aman dan Sehat untuk dihuni penduduk merupakan suatu kondisi Kota yang Bersih,kota sehat dicapai melalui terselenggaranya penerapan tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati oleh Masyarakat dan Pemerintah Daerah.
Guna terciptanya hal demikian Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) selaku Tim Pembina Kota Sehat Kota Bukittinggi  menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Tim Teknis dan Forum Kota Sehat yang juga dihadiri oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Sekda Yuen Karnova di ruang rapat utama Balaikota, Kamis (15/3).
Baharyadi Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi mengatakan, bahwa penyelenggaraan rapat koordinasi ini disamping akan membahas rancangan program kerja tim pembina dan tim teknis juga akan dilakukan penandatangann kesepakatan bersama antara SKPD teknis dengan Walikota Bukittinggi tentang Penyelenggaraan Kota Sehat.
“disamping membahas rancangan program kerja pada rakor ini juga akan dilakukan penandatangan kesepakatan antara SKPD teknis dengan Walikota Bukittinggi untuk membangun komitmen dalam penyelenggaraan kota sehat dan ini juga salah satu upaya untuk meraih pengahrgaan Swastisaba tingkat Wistara pada tahun 2019 mendatang”, ujarnya.
Kemudian Baharyadi juga menyampaikan bahwa ada 6 (enam) indikator tatanan kota sehat yang akan diajukan kota Bukittinggi yaitu ;   tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasaraa sehat, Kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, Kawasan parwisata sehat, Ketahanan pangan dan gizi, Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat, ungkapnya.
Kesepakatan yang ditandatangani oleh 17 SKPD teknis di lingkungan Pemeritah Kota Bukittnggi ini antara lain meliputi kesepakatan akan bersinergi  dengan forum kota sehat dalam penyelenggaraannya berdasarkan basis data yang ada, melaksanakan program dan kegiatan terkait tatanan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah bersama forum kota sehat yang mengacu pada pemenuhan indikator dalam pelaksanaan tatanan kota sehat yang telah disepakati, mempersiapkan dukungan teknis dan manajemen, melengkapi dokumen dan data terkait proses penyelenggaraan kota sehat serta menyepakati untuk memperoleh pengahrgaan swastisaba tingkat wistara dalam penilaian penyelenggaraan kota sehat tahun 2019 mendatang.
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kota sehat ini adalah program nasional yang harus kita sukseskan, dan sehat dalam arti tidak hanya kesehatan saja tetapi juga termasuk sehat sosial, budaya, politik dan sehat ekonomi. Sebagian besar kegiatan ini telah dilaksanakan oleh SKPD, dan tinggal lagi bagaimana forum kota sehat mendorong masyarakat untuk melakukan kebijakan – kebijakan sesuai dengan tatanan yang telah ditetapkan.
“sebagian besar kegiatan ini telah dilaksanakan dan saat ini bagaimana untuk mendorong masyarakat untuk melakukan kebijakan sesuai dengan tatanan yang ditetapkan. Diminta keseriusan SKPD untuk mendukung program kota sehat ini dan harus terlaksana, karena program ini adalah program prioritas bagi saya. Dan program ini telah menjadi visi dan misi kepala daerah yang tertuang dalam RPJMD dan untuk itu harus dijalankan”, tegas Walikota Ramlan.
Kemudian Ramlan juga menyampaikan hal yang selama ini menjadi kelemahan pada SKPD yakni masalah administrasi. Ditekankan bahwa pentingnya administrasi, karena dalam penilaian yang dibutuhkan adalah administrasi dan alat bukti.
“administrasi itu penting dalam setiap kegiatan untuk itu harus menjadi perhatian, dan disamping itu diminta kepada SKPD benar – benar melakukan pembinaan ke bawah dan dorong masyarakat supaya mau berbuat dan mau melaksanakan, untuk mencapai semua indikator tatanan harus dilaksanakan”, pungkasnya. (Ylm)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.