-->

Kebijakan Pemerintah Terhadap Penguatan Sumber Daya Manusia Indonesia

Baca Juga

Oleh: Wini Elfian Mahasiswi Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas Padang 


Sumber Daya Manusia (SDM) adalah individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik itu di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. 


Pada dasarnya, Sumber Daya Manusia (SDM) berupa manusia yang dipekerjakan disebuah organisasi sebagai perencana dan pelaksana sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu. Maka dari itu, sangat penting bagi pemerintah untuk mengutamakan pengelolaan SDM dengan baik, baik untuk ketersediannya maupun kompetensinya. 


Permasalahan Sumber Daya Manusia yang rendah sudah tidak mustahil di negara Indonesia ini, diera ini pendidikan untuk membuat SDM yang berkualitas terbilang cukup mahal. Bahkan sekarang banyak lulusan S1 yang belum mendapatkan pekerjaan, apalagi yang hanya lulusan sebatas SMA bahkan tidak menempuh pendidikan. Seharusnya, pemerintah lebih memperhatikan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dengan cara menambah fasilitas gratis untuk membuat Badan Latian Kerja, supaya masyarakat yang tidak berpendidikanpun memiliki kealhilan sesuai bidang yang mereka suka. 


Dan, untuk perusahaan juga membuat peraturan bahwa tidak ada standar untuk satara saja yang boleh mendaftar pada perusahaan tersebut, akan tetapi dengan tes uji kemampuan oleh masyarakat yang juga ingin mendaftar. Manusia mempunyai akal, budi dan pikiran yang tidak dimiliki oleh tumbuhan maupun hewan. Meskipun manusia memiliki derajat paling tinggi, tapi dalam suatu kosistem, manusia juga berinteraksi dengan lingkungannya, mempengaruhi dan dipengaruhi lingkungannya sehingga termasuk dalam salah satu faktor saling ketergantungan. 


Secara umum, sumber daya manusia dapat dibagi menjadi dua. Yaitu, Sumber daya fisik bidang, misalnya dalam bidang perindustrian, transportasi, perkebunan, perikanan, perhutanan, dan peternakan dan Sumber daya mental manusia memiliki kemampuan untuk berpikir, itu adalah hal yang sangat penting. Karena, berfikir merupakan landasan utama bagi kebudayaan. 


Manusia sebagai makhluk hidup yang berbudaya, dapat mengolah sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya dan dapat mengubah keadaan sumber daya alam berkat kemajuan ilmu dan teknologinya. Dengan mengunakan akal dan budinya, manusia memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana. Oleh sebab itu, manusia tidak hanya dilihat sebagai sumber energi, tapi yang paling utama adalah sebagai sumber daya cipta (sumber daya mental) yang sangat penting bagi perkembangan kebudayaan manusia.


Pada masa sekarang ini pemerintah membutuhkan SDM seperti ,Tenaga Kerja Terampil, tenaga kerja yang terampil dalam berbagai bidang seperti teknik, teknologi informasi, dan lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industry dipasar global. Tenaga Pendidik dan Riset maksud nya adalah, Indonesia memerlukan pendidik yang berkualitas tinggi dan peneliti untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan inovasi dalam berbagai kepentingan pada saat sekarang ini. 


Yang ketiga Tenaga Kesehatan seperti Dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya. Hal ini sangat penting untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas dan menjaga kesehatan masyarakat. Tenaga Ahli Pertanian seperti Petani dan ahli pertanian, mereka sangat diperlukan untuk meningkatkan proses produksi pangan dan dalam sektor pertanian lainnya. 


Tenaga Ahli Keuangan, profesional keuangan seperti akuntan, analis keuangan, dan manajer keuangan sangat berperan penting untuk mengelola keuangan perusahaan dan pemerintah. Tenaga Ahli Teknologi Informasi sepertis pesialis IT dan pengembang perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung transformasi digital dan perkembangan teknologi informasi diera global ini. 


Tenaga Ahli Sumber Daya Alam: Ahli geologi, ahli lingkungan, dan ahli sumber daya alam diperlukan untuk pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. 


Tenaga Kreatif dan Seniman: Tenaga kreatif seperti seniman, desainer, penulis, dan pekerja budaya lainnya yang penting untuk industri kreatif dan pariwisata. Tenaga Ahli dalam Diplomasi dan Hubungan Internasional, Diplomat dan ahli hubungan internasional diperlukan untuk mewakili Indonesia dalam urusan luar negeri dan kerjasama internasional. Tenaga Ahli dalam Manajemen dan Kepemimpinan, Manajer dan pemimpin yang kompeten diperlukan diberbagai sektor untuk mengelola organisasi dengan efektif. 


Penting untuk menciptakan peluang pendidikan dan pelatihan yang memadai untuk mengembangkan berbagai jenis SDM ini agar dapat memenuhi kebutuhan pembangunan IndonesiaUpaya membangun Sumber Daya Manusia di Indonesia yang berkualitas hanya dapat dilakukan melalui pendidikan maupun pelatihan. Ada beberapa contoh nya yang pertama yaitu, seperti mempunyai sistem pendidikan yang baik ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia(SDM). Kedua, penguatan peran agama, peran agama dalam kehidupan sosial bermasyarakat sangat berguna untuk memperkokoh jati diri dan kepribadian dalam berbangsa. Ketiga, meningkatkan kapasitas SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengdakan kompetensi, diklat, dan pembinaan. 


Pembinaan dan pengambangan masyarakat terutama generasi muda seprti kita yang berfugsi sebagai penopang utama dalam proses pembangunan, hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing tinggi. Jiwa-jiwa seperti inilah yang diharapkan oleh pemerintah agar mampu berkontribusi dan memenangkan persaingan global pada masa sekarang ini. 


Akan tetapi dalam peningkatan SDM Indonesia sangat banyak tantangan yang harus dihadapi seperti akses pendidikan berkualitas, memastikan semua lapisan masyarakat memiliki akses Pendidikan yang adil dan merata. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh kurang nya sarana Pendidikan, tim pendidik yang berkualitas, dan infrastruktur pendidikan yang memadai perlu diatasi. 


Selanjutnya, kurang nya keterampilan, keterampilan merupakan prioritas. Pelatihan dan pendidikan yang relevan adalah tujuan masa depan agar dapat bersaing ditingkat global. Terakhir, kualitas Kepemimpinan dan Tata Kelola. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan tata kelola disemua tingkatan pemerintahan dan lembaga pendidikan yang merupakan faktor penting dalam mengatasi masalah ini.


Terdapat beberapa saran untuk proses penguatan SDM di Indonesia. Yaitu, pertama kewirausahaan, hal ini Mendorong budaya kewirausahaan dengan memberikan dukungan kepada pengusaha muda dan usaha kecil-menengah, teknologi dan digitalisasi dalam berbagai sektor untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Kedua, kesetaraan gender, hal ini menjadi faktor pendorong yang penting, kesetaraan gender di tempat kerja dan dalam akses terhadap pendidikan serta peluang pekerjaan merupakan wadah dalam proses peningkatan SDM. 


Selanjutnya, kolaborasi publik ke privat yang bertujuan untuk Mendorong kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan untuk mengembangkan program program yang mendukung pengembangan SDM. Kelima Pengelolaan Migrasi Tenaga Kerja, ini bertujuan untuk peningkatan tenaga kerja untuk memastikan bahwa tenaga kerja yang bekerja di luar negeri mendapatkan perlindungan dan pelatihan yang memadai. Terakhir, Pelibatan Pemuda, mengaktifkan pemuda dalam proses pembangunan ekonomi dan sosial merupakan hal yang sangat berpengaruh, bisa melalui program-program magang dan pelatihan. 


Untuk itu, Pemerintah perlu memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan kualitas SDM. Misalnya, melalui pembelajaran daring dan pelatihan berbasis keterampilan. Dengan kerja keras dan kerja sama yang baik dari semua pihak, Indonesia akan mampu menghasilkan SDM yang berkualitas untuk bersaing di dunia global.

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.