-->

PNS Pemko Padang Dibekali Ilmu Jurnalistik dan Sosial Media Manajemen

Baca Juga

PADANG - Sebagai bentuk mewujudkan optimalisasi keterbukaan informasi, Badan Kepegawaian dan  Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Padang menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dan Sosial Media Manajemen bagi PNS di lingkungan Pemko Padang. 


Pelatihan tersebut sebagai upaya menyiapkan tenaga PNS yang terampil dan kompeten dalam menyajikan informasi. 


Kepala BKPSDM, Mairizon menyebut perkembangan dunia digital telah mampu menghadirkan berbagai macam teknologi yang memudahkan mengakses informasi, masuknya internet membuat siapa saja membangun komunikasi melalui media sosial.


"Dengan memanfaatkan medsos, pemerintahan dapat menginformasikan kepada publik. Melalui pelatihan ini dapat memberikan dampak bagi perbaikan pemerintahan dalam sistem manajemen melalui penggunaan sosial media sekaligus  meningkatkan kualitas pelayanan publik," jelas Mairizon saat memberi sambutan di Youth Centre, Senin (16/10/2023).


Dikatakannya, hal ini merupakan upaya pemerintah agar masyarakat mengetahui apa yang telah dikerjakan pemerintah. 


"Keterbukaan informasi publik merupakan kebutuhan pokok, sehingga mendorong partisipasi serta meningkatkan peran aktif masyarakat. Apa yang dikerjakan dapat dijadikan informasi kepada masyarakat," tutur Mairizon.


Kepala Dinas Kominfo Kota Padang yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo, Titin Masfetrin mengatakan secara umum  ASN mempunyai tugas yaitu membantu masyarakat dan mensejahterakan masyarakat. Kedua tugas tersebut tidak mampu berjalan tanpa adanya partisipasi masyarakat untuk mencapai kinerja yang optimal.


"Publikasi dibutuhkan oleh semua sektor termasuk di pemerintahan. Pemerintahan membutuhkan publikasi yang tepat dan memadai untuk mendapatkan kinerja yang optimal," katanya.


Dijelaskannya, butuh partisipasi dari masyarakat untuk ikut membantu pencapaian kinerja pemerintah. Partisipasi masyarakat didapatkan jika masyarakat mendapatkan informasi yang memadai terkait dengan kinerja yang dilakukan.


"Kita perlu menampilkan lewat informasi, butuh menyampaikan informasi dengan benar. Maka  akan timbul mindset dari masyarakat, pemerintah kota itu ada dan siap untuk melayani.  Sehingga lahirnya partisipasi masyarakat pada rencana kerja yang telah disusun oleh pemerintah. Karena pemerintah kota tidak mampu melakukan ini sendiri," imbuhnya.


Sementara itu Kabid  Pengembangan Aparatur, Yuli Irawati menyebutkan dengan pelatihan ini akan memperkaya perspektif dan wawasan sehingga dapat melaksanakan tugasnya sebagai aparatur yang diamanahkan sebagai admin media sosial yang berkompeten di bidang jurnalistik dan sosial media manajemen.


"Terwujudnya  optimalisasi keterbukaan informasi dan meningkatkan nilai keterbukaan informasi pada Badan Publik untuk Pemerintahan Kota Padang," tutupnya.


Adapun sebanyak 104 orang yang mengikuti pelatihan dibagi menjadi IV angkatan. Angkatan I  dimulai 16-25 Oktober, angkatan II 23-27 Oktober, angkatan III 30 Oktober-3 November dan angkatan IV 6 November-10 November.  Dengan narasumber dari Classy Media, Andika Destika Khagen (Trainer Jurnalistik) dan  Desbi Sugari (Trainer  Social Media).  (MA/Vivi/Charlie)

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.