-->

Papua Sudah Lama Gunakan Sepeda Motor Listrik, Jakarta Tertinggal

Baca Juga

Sebelum pemerintah menggembar-gemborkan kendaraan listrik, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua, sudah lebih dulu menggunakan sepeda motor listrik. (Foto: Dok/Antara)

MPA, JAKARTA - Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kendaraan ramah lingkungan dengan mengkampanyekan penggunaan mobil dan sepeda motor listrik saat ini belum berjalan. Terlebih di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19) isu soal kendaraan listrik pun seperti hilang ditelan bumi.

Namun, jauh sebelum pemerintah menggembar-gemborkan kendaraan listrik, wilayah Indonesia paling timur, Papua sudah lebih dulu menggunakannya. Kendaraan listrik diminati karena harga bahan bakar minyak (BBM) di sana sulit walaupun harga sudah diseragamkan.

Wilayah yang menjadi pusat kendaraan listrik ini adalah Kota Agats, Kabupaten Asmat, salah satu daerah terpencil di Provinsi Papua. Meski jauh dari pemandangan gedung-gedung bertingkat dan kendaraan lalu-lalang, warga di sana sudah lebih dulu menggunakan sepeda motor listrik, dikutip dari , iNews.id Minggu (3/5/2020).

Beda sama Jakarta penggunaan sepeda motor listrik untuk mobilitas masih dalam tahap kampanye dengan program langit birunya, di Kota Agats memakai motor listrik menjadi lebih lumrah.

Bahkan, karena pengguna sepeda motor listrik semakin banyak PLN sudah memiliki membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di berbagai titik Kabupaten Asmat.

Ini dapat dilihat saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan di Kabupaten Asmat, pada 2018 lalu. Mengenakan sepeda motor listrik Presiden membonceng Ibu Negara Iriana Jokowi menyapa masyarakat di sana.

Distrik Agats merupakan daerah berawa. Jalan di sana menggunakan papan, dan kendaraan utamanya adalah sepeda motor listrik. Merek motor listrik yang ada di Agats pun bermacam-macam, ada Wimcycle, Zero, Tiger dan lainnya. Jadi kota mana yang lebih maju dalam penggunaan kendaraan listrik, pastinya bukan Jakarta. (*)
[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.