-->

Hadir di Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu, Pj Wako Sonny Sebut Padang Panjang Menuju 100 Persen

Baca Juga

PADANG PANJANG - 5 FEBRUARI 2024 - Sukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Sumatera Barat, Penjabat (Ph) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Audy Joinaldy dengan dihadiri Forkopimda Sumbar, wali kota/bupati se-Sumbar, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan ketua Bawaslu se-Sumbar.


Wagub Audy menyampaikan, suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu saja, KPU dan Bawaslu. Akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat.


“Saya mengajak, seluruh elemen termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota bekerja sama untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan menjaga kondusivitas menjelang pesta akbar demokrasi ini,” ajaknya.


Sementara itu Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, SIK, S.H menyampaikan kesiapan Polda Sumbar untuk menjaga keamanan Pemilu 2024 di daerah ini.


"Kami telah melakukan langkah-langkah preemtif dan preventif. Termasuk penekanan terhadap crime total, peningkatan crime clearance, pengurangan pengaduan masyarakat, serta peningkatan profesionalisme Polri untuk memperoleh kepercayaan masyarakat," ujarnya.


Selain itu, tambahnya, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama Pemilu Damai dengan partai politik dan Forkopimda. Serta mengadakan berbagai pertemuan, rapat, seminar, dan diskusi sebagai langkah-langkah konkret yang telah dilakukan.


Secara keseluruhan, katanya lagi, Sumbar sudah siap menyelenggarakan Pemilu. Mulai dari gangguan keamanannya sudah terminimalisir. Untuk logistik juga sudah sampai di KPU setiap daerah, tinggal mendistribusikan.

Sementara itu Pj Wako Sonny menyampaikan, sampai saat ini Kota Padang Panjang sudah siap untuk pelaksanaan Pemilu. Koordinasi dan kerja sama antara Forkopimda, Bawaslu dan KPU sudah berjalan dengan baik.


"Untuk koordinasi dan persiapan Padang Panjang sampai saat ini sudah menuju 100 persen. Kami juga sudah menjalankan seluruh proses tahapan pemilu, termasuk kemarin simulasi pemilu," sebutnya.


Di samping itu, Sonny juga menyampaikan masukan terkait perlindungan jaminan ketenagakerjaan kepada KPPS berbentuk jaminan sosial, karena mereka juga pekerja.


"Kita takut nantinya ada anggota KPPS kita mengalami cedera atau hal yang tidak diinginkan. Karena kerawanan dalam pemilu ini banyak. Maka dari itu mereka juga butuh jaminan sosial," sampainya ***

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.