-->

Pandangan Generasi Muda Terhadap Politik Indonesia

Baca Juga

Oleh : Muhammad Daffa Fajar Lubis Mahasiswa Universitas Andalas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Administrasi Publik 2023


Generasi muda Indonesia menjadi tonggak penting dalam berkembangnya politik di Indonesia. Pandangan mereka terhadap politik di Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan arah politik, kebijakan politik yang diambil, dan mengubah masa depan bangsa. Generasi muda juga memiliki pemahaman dan pandangan yang unik terhadap politik, yang sering kali berbeda dengan generasi sebelumnya.


Tahun 2024 mendatang menjadi era generasi muda dalam terjadinya perubahan arah kebijakan politik di Indonesia karena pada tahun ini rata-rata usia pemilih berusia muda yakni 17 hingga 39 tahun, angka tersebut diproyeksikan mendekati hingga angka 60 persen pada pemilu 2024. Namun ada kenyataan yang pahit dibalik tingginya pemilih pada usia muda yaitu, rendahnya minat politik pada generasi muda.


Rendahnya minat generasi muda terhadap politik di Indonesia tidak dapat dipungkiri karena persepsi generasi muda tentang politik selalu dianggap sebagai sesuatu yang negatif, penuh konflik, dan intrik, yang membuat mereka kurang tertarik untuk berpartisipasi dalamnya. Banyak pengaruh lain yang menyebabkan minat generasi muda terhadap politik di Indonesia yaitu:


Pertama, disebabkan kurangnya kepercayaan pada pemimpin politik bahwa pemimpin politik tidak mewakili kepentingan mereka. Kedua, Politik selalu diwarnai oleh praktik korupsi, nepotisme, dan kurangnya transparansi. 

Ketiga, Keterlibatan politik tidak mempengaruhi perubahan yang signifikan, mereka merasa bahwa kekuatan politik terlalu besar dan kompleks untuk dipengaruhi oleh individu atau kelompok kecil.


Selain faktor-faktor tersebut, pengalaman dan peristiwa yang terjadi di sekitar generasi muda juga mempengaruhi pandangan mereka terhadap politik. Misalnya, generasi muda yang lahir dan tumbuh di era reformasi politik di Indonesia mungkin memiliki pandangan yang lebih kritis terhadap sistem politik dan tuntutan untuk perubahan. Mereka mungkin lebih terpapar pada isu-isu korupsi, ketidakadilan, dan ketimpangan sosial yang dapat mempengaruhi pandangan mereka terhadap politik. Selain itu, pengalaman pribadi seperti kesulitan dalam mencari pekerjaan, kesenjangan ekonomi, atau ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah juga dapat membentuk pandangan generasi muda terhadap politik.


Pandangan generasi muda terhadap politik di Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap arah politik dan perubahan sosial di negara ini. Generasi muda sering kali dianggap sebagai agen perubahan dan memiliki potensi untuk mengubah sistem politik yang ada. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk melihat perubahan positif dalam politik dan memperjuangkan isu-isu yang dianggap penting, seperti lingkungan, hak asasi manusia, dan kesetaraan gender. Mereka juga cenderung lebih terbuka terhadap ideologi politik yang berbeda dan mendorong untuk memperluas wawasan politik masyarakat.


Generasi muda seharusnya tidak melihat politik dari sisi negatifnya saja, tetapi harus melihat  dari sisi positif juga, karena politik juga memiliki dampak positif bagi sebuah negara yaitu, Pertama, Demi masa depan negara kearah yang lebih baik baik, generasi muda juga memiliki kesempatan untuk merubah atau mempengaruhi kebijakan, hukum, dan keputusan yang akan mempengaruhi masa depan negaranya kearah yang lebih baik. Kedua, keterlibatan generasi muda dalam politik untuk memilih dan mendukung pemimpin yang benar-benar mewakili pandangan dan aspirasi mereka. Ketiga, Mendorong perubahan positif, terlibat dalam politik memungkinkan generasi muda untuk menjadi bagian dari perubahan positif dalam masyarakat maupun negara.

[blogger]

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.